Jumat, 04 Januari 2013

ADA ADZAN SEBELUM ADZAN SUBUH



Teman, pernah dengar adzan sebelum adzan subuh, sekitar pukul 3-an atau pukul 4 ? Kalau saya pernah, dan tidak hanya sekali.
Saya sering begadang, bahkan hampir tiap hari. Suatu hari, saya mendengar suara adzan tapi tidak seperti biasanya. Suara adzan itu terdengar sekitar pukul setengah 4 dini hari. Awalnya saya pikir itu adzan subuh, tapi itu terlalu cepat dan sepertinya hanya berasal dari satu sumber suara. Saya mencoba untuk fokus mendengar suara adzan itu, berusaha memastikan bahwa itu benar-benar suara adzan atau tidak. Tapi suara adzan itu hanya sayup-sayup terdengar dan lama kelamaan suara adzan itu mulai menghilang. Saya merasa sangat aneh akan hal itu.
Mungkin itu halusinasi saya, atau mungkin hanya suara televisi atau jangan-jangan itu orang lagi latihan, atau mungkin ada aliran aneh di wilayah tempat saya, begitulah pemikiran-pemikiran yang muncul di kepala saya saat itu. Tapi pemikiran itu segera saya lupakan dan menyegerakan untuk tidur.
Awalnya kejadian itu tidak saya ceritakan kepada siapapun, sampai akhirnya saya mendengar suara adzan itu lagi di waktu yang sama. Orang yang saya tanya pertama adalah orang tua saya. Namun, respon yang diberikan tidak memberiku kejelasan. Akhirnya keesokan harinya saya cerita sama salah satu sahabat saya di sekolah. Ternyata dia juga pernah mendengarnya. Tapi dia juga tidak tahu apa yang menyebabkan ada adzan sebelum adzan subuh itu.
Rasa penasaran saya terus saya simpan, sampai akhirnya saya menemukan jawaban dibalik suara adzan itu. Tadi pagi di ANTV, dalam acara Hati Ke Hati bersama Mama Dedeh, saya menemukan jawabannya. Ternyata adzan yang saya dengar itu memang ada, bukan halusinasi atau suara telivisi seperti yang saya pikirkan. Suara adzan itu berfungsi untuk mengingatkan kepada orang-orang yang sedang beribadah di waktu tengah malam seperti sholat Tahajud, bahwa waktu subuh akan segera tiba.
Alhamdulillah, dengan mendengar penjelasan dari mama Dedeh, sekarang saya sudah tidak merasa aneh lagi kalau mendengar suara adzan itu.  Saya harap teman juga demikian.
Segala Puji Bagi ALLAH yang Maha Peemberi Petunjuk. Alhamdulillah ^_^

5 komentar:

  1. Assalamualikum,

    Saya juga sering sekali mendengar hal itu, saya kira ada yang salah dengan diri saya. Saya kira saya terlalu berhalusinasi. Ternyata setelah mendengar jawaban kakak, akhirnya saya merasa lega. Karena saya tau bahwa saya tidak sedang berhalusinasi.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam..
      Alhamdulillah klo seperti itu :)

      Hapus
  2. saya juga, tapi jarang, waktu itu sempat 2 Masjid.....

    BalasHapus
  3. ini abis denger adzan jam 3 :D

    BalasHapus