Rabu, 02 Januari 2013

3 KATA KUNCI UNTUK JADI LEBIH BAIK



Satu hari telah berlalu menuju hari kedua di tahun 2013. Hari ini setelah sholat Subuh, saya menyalakan televisi yang ada di kamar. Chanel yang saya pilih adalah TVRI, yang sedang menayangkan siaran ceramah subuh. Masa muda adalah masa keemasan bagi manusia. Masa ini harus dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal yang positif, termasuk dalam hal menonton. Ketika kita menonton, tujuan kita tidaklah hanya untuk menghibur diri, melainkan harus ada pelajaran atau makna kehidupan yang bisa kita ambil. Untuk itu kita harus pandai-pandai dalam memilih chanel atau program acara yang tersedia.

Dari program acara yang saya pilih tadi pagi ini, saya mendapatkan 3 kata kunci untuk melakukan Hijrah. Hijrah adalah berpindah, di sini saya memaknainya sebagai perpindahan ke arah yang jauh lebih baik sesuai syariat Islam (berubah untuk jadi lebih baik). Perpindahan atau perubahan ini biasa menyangkut untuk diri kita. Tidak jarang, pemikiran untuk merubah diri menjadi lebih baik muncul dalam diri kita. Namun, kebanyakan hanya menjadi sebatas pemikiran atau keinginan belaka.

Dari 3 kata kunci itu, posisi pertama adalah Keberanian. Di susul dengan Tenang, dan yang ke tiga adalah Optimisme. Di kesempatan ini, saya tidak akan memaparkannya seperti apa yang disampaikan pembicara di program acara tersebut. Karena pada waktu itu saya sedang mengaji, sehingga tidak terlalu fokus menonton. Jadi, saya akan mencoba memaparkannya sesuai dengan pemahaman saya.

Keberanian. Ketika kita sudah memiliki niat untuk melakukan sesuatu, biasanya sering muncul rasa cemas karena takut gagal atau takut salah atau takut dengan risiko yang mungkin saja muncul. Kecemasan itulah yang biasanya menghambat kita untuk bertindak. Jadi, di sini yang sangat diperlukan adalah keberanian. Kita harus berani, apapun resikonya kita harus siap terima. Setiap tindakan yang kita pilih punya resiko, jadi Beranilah.

Setelah memiliki keberanian, kita mulai melakukan sesuatu yang menjadi niat baik kita. Selama melakukan itu, sering juga muncul rasa panik. Untuk mengatasi kepanikan tersebut ialah dengan bersikap tenang. Kita harus yakin, bahwa Allah selalu bersama kita, bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sikap tenang kita itu harus dibarengi dengan Optimisme. Optimisme ini adalah sikap percaya diri yang harus kita miliki. Sikap percaya diri ini tertuju pada harapan bahwa  apa yang kita lakukan akan berhasil dengan keadaan yang baik.

Kesimpulannya, Untuk Hijrah menjadi diri yang lebih baik terdapat 3 kata kunci yang harus kita miliki yaitu Keberanian, Tenang, dan Optimisme. Insya Allah dari niat yang baik akan menghasilkan hal yang baik pula.
Ayo Lakukan kebaikan hari ini untuk jadi pribadi yang lebih baik. Bismilaahirramaanirrahim ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar